Informasi Edukasi Melalui Internet

Friday, May 8, 2015

Bagian-Bagian Organ Mata dan Fungsinya

Bagian-Bagian Organ Mata dan Fungsinya
Dalam luar dan dalam mata manusia terdiri dari bagian-bagian mata dan fungsinya masing-masing sehingga mata dapat menerima cahaya dengan baik atau dengan kata lain mata dapat melihat dengan normal. Mata ini merupakan salahsatu bagian tubuh yang sangat berperan penting dalam melakukan aktivitas sehari-hari sebagai indera penglihatan. Mata ini dapat berfungsi dengan baik apabila mendapatkan cahaya, karena dala keadaan gelap mata tidak berfungsi begitu baik ini dikarenakan mata tidak menerima cahaya.

Dalam mata setiap manusia tentu saja memiliki organ-organ penting yang membentuk mata itu sendiri seperti bagian organ luar dan juga organ mata dalam. Baiklah dibawah ini merupakan beberapa bagian organ dalam mata beserta fungsinya dari masing-masing organ, ada bagian organ dalam mata dan bagian organ luar mata

MATA
Mata adalah alat indra manusia yang digunakan untuk melihat. Di bawah ini akan kita pelajari bagian-bagian mata dan cara kerja mata secara optik. Bagian-bagian mata :

a. Kornea mata yaitu selaput (lapisan) luar bola mata yang tidak berwarna (bening). Fungsinya untuk menerima rangsangan cahaya dan meneruskan ke bagian mata yang lebih dalam. Kornea mata selalu dibasahi oleh air mata agar tetap bersih.
b. Iris adalah lapisan di depan lensa mata yang berwarna. Fungsi iris adalah untuk mengatur ukuran pupil.
c. Pupil adalah celah bundar di tengah iris. Fungsinya mengatur cahaya yang masuk ke mata.
d. Lensa mata yaitu benda bening di dalam bola mata yang berbentuk cembung. Fungsinya adalah meneruskan dan memfokuskan cahaya atau bayangan benda agar tepat jatuh pada retina. Ketebalan lensa dapat berubah-ubah. Jika mata melihat benda-benda yang dekat, lensa mata menjadi cembung. Sebaliknya jika mata melihat benda-benda yang jauh, lensa mata akan menjadi pipih. Kemampuan lensa mata untuk menjadi cembung dan menjadi pipih disebut daya akomodasi.
e. Retina adalah lapisan terdalam dari dinding bola mata. Berfungsi sebagai layar penerima bayangan benda. Lapisan retina yang mengandung sel-sel peka cahaya disebut bintik kuning, sedangkan sel-sel yang yang tidak peka terhadap sel cahaya disebut bintik buta.
 f. Aqueous humour adalah cairan yang terdapat diantara kornea dan lensa mata. Vitreous humour terdapat diantara lensa mata dan retina. Kedua cairan tersebut berfungsi memberi bentuk dan kekukuhan pada mata.
g. Vitreus humor, cairan bening yang mengisi rongga mata. fungsinya adalah meneruskan cahaya dari lensa ke retina.
h. Otot mata, otot yang menyangga lensa kristalin dan mengatur besar kecilnya lensa.
i. Bintik kuning, lengkungan pada retina yang merupakan bagian yang paling peka pada retina.
j. Syaraf optik, penerus rangsang cahaya dari retina ke otak. Saraf mata ataupun yang biasa di sebut dengan saraf optik ini memiliki fungsi untuk meneruskan sebuah rangsang cahaya hingga ke otak. Semua informasi yang akan dibawa oleh saraf nantinya diproses di otak. Dan Dengan demikian kita bisa melihat suatu benda.

Bagian-Bagian Organ Mata dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin